Evolution on Windows

Bagi para pengguna linux terutama Ubuntu Evolution sudah tidak asing lagi. Email client komplit dengan addresbook, taks management, appointment calendar dan memo. Evolution juga dikenal sebagai kloning dari Mikocok Office Outlook. Di Ubuntu Evolution sudah terintegrasi sehingga kita bisa melihat jadwal kegiatan yang ada di Evolution dari view Calendar pada panel di ubuntu.

Hampir 8 bulan saya menggunakan full Ubuntu linux tanpa dual OS di laptop saya. Walaupun 1 bulan terakhir ini saya harus ganti OS lagi ke OS Bajakan gara-gara koneksi internet dari provider tempat saya berlangganan mengharuskan OS windows yang terinstall (payah……).

Kebiasaan menggunakan mail client untuk membaca email dari temen-temen dimilis sempat membuat saya kebingunan apasih email client yang cocok.

Pertama saya gunakan Thunderbird. Menggunakan Thunderbird untuk membaca email dari GMail sangat mudah karena pada wizard untuk add account sudah disediakan setting otomatis untuk koneksi ke GMail. Tapi Thunderbird belum selengkap Evolution yang menyediakan fasilitas appointment calendar. Appointment Calendar memudahkan saya untuk mengatur jadwal baik jadwal kuliah ataupun jadwal-jadwal kegiatan yang lain. Dan pada Thunderbird saya sempat mendapatkan kesulitan ketika mengirim email yang ada attachment-nya karena lebih sering gagal untuk mengirimkannya.

Setelah menggunakan Thunderbird untuk beberapa waktu saya juga mencoba menginstall email client lain yaitu Eudora dan ternyata…… bayar😦 dah ketika aku lihat juga Eudora belum selengkap Evolution dan lebih mirip dengan Thunderbird. Akhirnya saya tidak jadi menggunakan Eudora walaupun sempat harus bersabar karena donlotnya cukup lama.

Dari awal sejak pindah OS saya sempat mencari-cari apakah ada evolution versi windows dan pada waktu itu saya tidak mendapatkannya dan malah dapat info katanya Evolution gak ada yang versi windowsnya waduh sempet bingung juga trus terpikirkan “Kalau Evolution itu kloningannya Outlook ngapa kok aku gak pake Outlook sekalian ??” dah akhirnya saya pun menginstall Outlook yang tentu saja bajakan. Dan hasilnya ternyat Outlook berat sekali dan ribet kalau mau filterisasi email dan lain-lain.

Saya hampir putus asa ketika akhirnya saya menemukan situs http://www.dipconsultants.com/evolution/. Ternyata ada yang telah berhasil membuat Evolution versi Windows dan akhirnya masalah saya selesai.🙂

    • gandhi
    • April 22nd, 2009

    bisa nggak import email lama dari thunderbird?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

