NetBeans 6.5 RC 1

NetBeans baru saja mengeluarkan Release Candidate 1. Pada Rilis kali ini sebagian besar perubahan ada di fasilitas development untuk PHP. Termasuk fasilitas untuk JavaScript dan CSS yang tentu saja dukungan untuk development Ajax semakin komplit. Untuk lebih jelas bisa lihat pada Release Information.

PHP In NetBeans


JavaScript dan Ajax

Seperti yang kita tahu, Release Candidate bukan merupakan final release untuk NetBeans 6.5. Rencananya final release akan diadakan sekitar bulan November 2008. Pada Release Candidate ini status dari pengembangan NetBeans sudah sampai pada tahap “Code Freeze” yang artinya tidak akan ada fitur tambahan lagi sampai Final Release nanti dan pengembangannya sekarang lebih ke Bugs Fixing.

Tahapan rilis NetBeans biasanya dimulai dari Millestone dilanjutkan dengan Beta kemudian Release Candidate baru yang terakhir adalah Final Release. Tetapi biasanya setelah Final Release masih akan ada “Patch” atau bisa juga disebut dengan update.

Untuk Millestone, Beta dan Release Candidate biasanya bisa lebih dari satu kali rilis contoh NetBeans 6.5 Millestone 5 atau NetBeans 6.5 Release Candidate 2 dan itu semua tergantung dari kebutuhan pada saat pengembangan NetBeans.

Selain dari rilis-rilis yang diatas kita juga bisa mencoba NetBeans Nightly Build. Nightly build merupakan versi NetBeans paling baru pada hari itu. Contohnya NetBeans 01112008* berarti NetBeans yang di build pada tanggal 01 Bulan 11 tahun 2008. Pada Nighly Build kita bisa mencoba NetBeans yang benar-benar baru dalam arti semua bug fix atau perubahan yang dilakukan oleh pengembang NetBeans pada hari itu dapat langsung kita coba. Tapi hati-hati juga karena biasanya akan banyak sekali Bugs.

* Kalau gak salah😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: