Mengenal Qt

Qt yang di baca “cute” adalah UI framework dan platform yang ditulis dengan bahasa C++, ada yang inget dengan KDE salah satu desktopnya linux selain Gnome, kalau di Ubuntu pakenya Gnome kalau Kubuntu pakenya KDE. Nah Qt ini yang dipakai untuk membuat KDE beserta applikasi-applikasi yang berada didalamnya.
Qt sebelumnya dimiliki oleh perusahaan yang bernama Trolltech dan sekarang perusahaan tersebut telah dibeli oleh Nokia. Qt framework tersedia secara gratis dan multiplatform (ada versi untuk linux, windows dan Mac).

Kita bisa menggunakan Qt dengan 2 bahasa yaitu C++ sebagai bahasa utama dan Python dengan menggunakan PyQt. Sekarang saya menggunakan C++ pada Qt. Ya tujuan utamanya adalah belajar C++ juga🙂.
Nah Qt ini menyediakan Qt GUI Designer untuk mempermudah desain User Interface selain itu juga ada Qt Assistance yang berisi dokumentasi kelas-kelas pada Qt beserta beberapa tutorial serta ada Qt Linguist yang berguna ketika kita ingin membuat aplikasi Qt yang multilanguage. Ketika Tool tersebut sekarang telah dikumpulkan jadi satu pada tool bernama Qt Creator.

Selain Qt Creator tersedia juga plugin untuk eclipse dan visual studio. Pada eclipse maupun visual studio tool-tool seperti Gui Designer, Qt Assistance, dan Qt Linguist telah terintegrasi didalam IDE tersebut. Sedangkan untuk NetBeans versi 6.7 juga telah tersedia plugin Qt yang telah digabung dengan NetBeans CDT (Netbeans untuk C++) walaupun tool-tool seperti Gui Designer, Qt Assistance, dan Qt Linguist masih menggunaakan tool external walaupun dapat langsung diakses dari dalam NetBeans. Plugin untuk eclipse dan Visual Studio dapat di download secara gratis di situs resmi Qt sedangkan untuk NetBeans plugin Qt sudah di bundle pada NetBeans versi 6.7.
Untuk memulai Qt terlebih dahulu kita harus mendownload Qt Framework. Qt Framework dapat di download secara terpisah atau bundle dengan Qt Creator. Untuk yang versi linux Qt Framework berbentuk tar.gz sehingga untuk instalasi kita cukup meng-extrack file tersebut ke tempat yang diinginkan contoh /opt. Setelah itu kita harus menambahkan direktori /bin kedalam system path pada environtment variable. Kebetulan saya menggunakan linux mint (ubuntu) maka environtment berada pada file /etc/environtment. Qt juga membutuhkan compiler C++, pada linux kita cukup menginstall gcc/g++ standar untuk dapat menggunakan Qt Framework. Sedangkan untuk windows kita dapat menggunakan MinGW.
Saya baru mencoba Qt untuk linux sedangkan untuk windows dan mac saya belum pernah coba sehingga tidak banyak tahu konfigurasi  qt untuk kedua sistem operasi tersebut.
Saya sendiri menggunakan Netbeans versi 6.7 untuk mendevelop Qt, ini dikarenakan saya sudah sangat terbiasa dengan editor yang ada pada NetBeans selain itu code completion di NetBeans masih lebih bagus dibanding Qt Creator maupun Eclipse (versi saya lho :)). Untuk konfigurasi Qt pada NetBeans tidak banyak yang harus dilakukan asalkan Qt telah di set pada environtment variable dan kita dapat mengakses command “qmake” pada console maka Netbeans dapat digunakan dengan baik.

    • Dedy
    • Juli 7th, 2009

    Lisensi LGPL pada Qt maksudnya apa mas?
    Bolehkah kita jual program buatan Qt lisensi LGPL?

    Trims

  1. nah banyak yang tanya massalah lisensi ini. Aku juga agak bingung sih. tapi kalau gak salah lisensi itu berlaku apabila kita mau merubah source yang ada di dalam qt.
    Sedangkan produk yang dibuat pake qt sepertinya boleh2 aja tuh di jual. aku juga masih agak bingung tapi yang jelas qt sekarang memang sudah agak longgar lisensinya.
    kalau memang mau jual program yang dibuat dari qt sepertinya ndak masalah kecuali program kita itu merubah sebagian dari kode dari qt itu sendiri.

  2. Lah Kalau Visual Basic piye mas pakek gambas udah coba belum

    • manusia
    • September 24th, 2009

    @Dedy
    kalo gak salah lho ya,
    Gampangnya kalo develop program pake qt LGPL,
    1.program anda boleh closed source kalo linking ke qt nya dynamic linking
    2.program anda harus open source kalo linking ke qt nya static linking
    3.kalo anda ubah sourcenya qt itu sendiri, anda harus meng-opensource-kan qt library modifan anda.

    Kalo masalah jual mah itu kayaknya terserah, boleh2 aja deh asal liat point2 di atas aja dan cek LGPL nya juga😉

    • Oki
    • Desember 9th, 2009

    kasih tutorial cara pakek Qt yg di Netbeans donk… gw msh bingung ni… please…!!! gw udah install Netbeans di Kubuntu…

    • irwant
    • Februari 18th, 2014

    mohon bantuannya ..
    disini saya baru memulai memakai netbeans 7.4 dan saya mencoba membuat program test Qt C++ dan saya desain juga formnya tetapi saat saya compile build sukses dan project run hanya saya formnya tidak muncul, kira-kira ada setingan lainnya..?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: