Bersih-bersih file dengan fungsi find di linux

Ketika menggunakan Subversion saya pernah mengalami kesulitan membersihkan kode program. Kode program hasil checkout dari Subversion akan memiliki direktori khusus yaitu direktori .svn untuk identifikasi dan informasi tentang perubahan yang terjadi pada kode program yang nantinya akan dilaporkan ke server Subversion ketika Commit. Direktori tersebut ada pada setiap folder yang kita gunakan nah kalau dalam program kita terdiri dari beberapa puluh paket yang berarti beberapa puluh folder maka membersihkan direktori .svn ya jadi agak mumet.
Kalau di windows vista agak sedikit mudah dibagian kanan atas sudah tersedia search, tinggal kita tulis .svn maka seluruh file dan  direktori yang mempunyai nama .svn yang ada di current folder dan sub foldernya akan muncul. Kalau sudah begitu ya tinggal di delete beres. Nah kalau di linux gimana ?? Di linux lebih mudah dan lebih akurat (menurut saya lho) soalnya sudah support regular expression.
Salah satu fungsi yang mantab di linux untuk search adalah fungsi find (trik ini saya dapatkan dari mas ifnu). Ini contoh sederhananya :

jasoet@jasoet-pc ~ $ find -type d -name “.svn” -print

Fungsi find diatas akan mencari data berupa direktori yang mempunyai nama .svn serta akan menampilkannya di layar. Lho kok tau ?? option –type itu berarti tipe yang akan kita cari yaitu d yang berarti direktori kemudian option -name berarti  nama direktori yang akan kita cari adalah .svn. Sedangkan -print itu berarti kita bertujuan untuk melihat daftar file yang ditemukan.
Selain d tipe data yang bisa kita cari bisa bermacam-macam untuk lebih jelas lihat potongan manual dari find dibawah ini.
-type c
              File is of type c:
              b      block (buffered) special
              c      character (unbuffered) special
              d      directory
              p      named pipe (FIFO)
              f      regular file
              l      link
              s      socket

Sedangkan untuk nama kita bisa menggunakan string biasa atau regular expression alias regex. Untuk lebih tau regex, klik disini.
Setelah kita mendapatkan daftar file-file incaran maka waktunya menghapus file-file tersebut. Caranya dengan menambahkan | xargs rm -rvf. Contohnya

jasoet@jasoet-pc ~$ find -type f -name “*~” -print | xargs rm -rvf

Nah untuk lebih jelas tentang fungsi find di linux, silahkan baca manualnya

jasoet@jasoet-pc ~$ man find

    • rizka
    • Januari 20th, 2011

    kurang jelas banget dengan aph yang ku inginkan…

  1. bingung..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: