Hello Qt

Ini contoh aplikasi super sederhana menggunakan Qt GUI framework. Contoh ini aku ambil dari buku “C++ GUI Designer with Qt 4, Second Edition”, buku ini bisa di beli dari amazon atau silahkan cek di salah satu link bagian “Tutorial” di blog ini.

Untuk memulai membuat aplikasi Qt terlebih dahulu kita harus menyiapkan Qt SDK sesuai dengan versi Sistem Operasi yang kita gunakan, lihat posting sebelumnya agar lebih jelas. Selain itu kita juga perlu menginstall IDE yang sesuai, kali ini dan seterusnya saya akan gunakan NetBeans IDE C++ dan kebetulan NetBeans versi 6.7 sudah support C++ Project untuk Qt.
Seperti biasa sebelum memulai mengetik program kita harus membuat project terlebih dahulu, File->New Project kemudian pilih C++ -> C++ Qt Application, isikan nama project dan lokasinya apabila sudah klik finish. NetBeans akan membuatkan beberapa file termasuk file *.pro yang menjadi standar project untuk aplikasi Qt.
Secara default sebuah file *.cpp akan tersedia dengan nama main.cpp apabila belum berubah maka isinya akan seperti ini

#include

int main(int argc, char *argv[]) {

QApplication app(argc, argv);

return app.exec();
}

Kode diatas merupakan program paling sederhana dari aplikasi Qt dan tidak menampilkan apa-apa. Ada sedikit perbedaan dibagian #include apabila kita bandingkan dengan source yang ada pada buku “C++ GUI Designer” tetapi hal itu tidak menjadi masalah asalkan kita tahu konfigurasi folder-folder yang diikutkan sebagai include pada kompiler C++.
Rubah source code diatas menjadi

#include
#include

int main(int argc, char *argv[]) {

QApplication app(argc, argv);

QLabel *label = new QLabel(“Hello Qt!”);
label->show();

return app.exec();
}

Apabila terjadi error (tanda garis merah dibawah beberapa kode) kemungkinan besar adalah NetBeans belum mengenali beberapa Kelas terutama kelas QLabel. Apabila hal itu terjadi maka sedikit konfigurasi dibutuhkan untuk menangani error tersebut.Agar NetBeans mengenali folder yang berisi file-file header C++ milik Qt. Caranya pilih Tool -> Option, pilih icon C/C++ pada bagian atas kemudian pilih Tab “Code Assistance” dan tambahkan alamat direktori tempat file-file header milik Qt berada. Direktori tersebut berada pada [qtsdk_instalation]/include.

Sebenarnya NetBeans telah secara otomatis mencari direktori tempat instalasi Qt SDK berada, jadi pada umumnya konfigurasi diatas tidak diperlukan. Setelah tidak ada error yang muncul kita bisa langsung menjalankannya. Tekan F6 untuk menjalankan program.

Program diatas menampilkan sebuah label yang berisi text “Hello Qt”. Perhatikan kode diatas, cukup mudah bukan ? walaupun memang bahasa C++ lebih rumit dari pada Java tetapi konsep yang digunakan pada Qt Framework sudah Full OOP yang hampir sama dengan Java walaupun kita juga harus benar-benar paham konsep yang digunakan pada bahasa C++.
Dokumentasi kelas-kelas pada Qt Framework bisa kita lihat dengan menjalankan program Qt Assistance. File executable untuk Qt Assistance berada di folder bin tepatnya [qtsdk_instalation]/bin/assistant.

    • hm
    • Juli 4th, 2009

    bang deny, kapan dung mengadakan pelatiahan java lagi di Amikom

  1. Sudah ada si lisa tuh yang urus😀

  2. Halo mas tak copy yoh artikel le apik je hehehe

  3. Sayange aku gak bisa C++ ajarin kang itu pakek Linux apa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: