Konfigurasi Modem Haier CE 100 (Smart) pada Linux Mint Gloria (Ubuntu Jaunty)

Saya mendapatkan cara konfigurasi ini setelah melewati proses “Try n Error” yang cukup panjang. Berbekal beberapa posting di beberapa blog akhirnya saya menemukan konfigurasi yang tepat untuk Modem Haier CE 100. Saya menggunakan operator Smart untuk terkoneksi dengan internet.
Ketika pertama kali Modem Haier CE 100 di pasang di Laptop yang terdeteksi bukan modem melainkan USB Flash, Ini dikarenakan Haier CE 100 memang mempunyai fitur sebagai USB Flash. Hal yang harus kita lakukan pada dasarnya memastikan bahwa Linux Mint dapat mengenali modem sebagai USB Serial Modem. Nah beberapa langkah yang dapat kita lakukan antara lain :
  1. Memastikan kernel linux yang kita pakai memiliki modul usbserial. Kebetulan linux mint gloria atau ubuntu 9.04 menggunakan kernel versi 2.6.28.11-generic yang sayang sekali masih terdapat bug sehingga modul usbserial tidak dapat dikenali dan harus di patch. Untuk masalah ini dapat diselesaikan dengan mengupgrade kernel yang dipakai menjadi versi 2.6.28-13 generic. Kernel versi 2.6.28.13-generic tersedia di repository ubuntu.
  2. Setelah kernel di update kemudian pasang Modem dan tunggu sampai muncul drive baru seperti halnya kita memasang USB Flash.
  3. Jalankan pada command line perintah “sudo lsusb -v | more” pastikan modem Haier kita dikenali dengan munculnya text “Qualcomm, Incorporated” dan “USB MMC Storage” pada output text yang keluar. Ini berarti modem kita telah dikenali sebagai USB MMC Storage.
  4. Sekarang coba “eject” modem dengan mengklik kanan icon pada desktop. Ingat EJECT BUKAN UNMOUNT.
  5. Kemudian ulangi langkah ke 3. Apabila benar maka text yang muncul akan berubah menjadi “Qualcomm CDMA Technologies MSM” ini menandakan bahwa modem kita telah berubah fungsi menjadi USB Modem.
  6. Product Modem Haier memiliki ID 201e:2009, ini dapat dibuktikan pada output text yang keluar pada langkah sebelumnya.
  7. Pada dasarnya koneksi ke modem merupakan koneksi serial (cmiiw) sedangkan modem yang kita gunakan dikenali sebagai USB Device. Nah kali ini baru modul usbserial yang ada pada kernel berfungsi.
  8. Jalankan perintah “sudo modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x2009”. 0x201e dan 0x2009 tidak lain adalah ID Modem Haier yang telah dikenali oleh linux. Langkah ini digunakan untuk menghubungkan USB Modem ke serial port.
  9. Untuk membuktikan apakah langkah ke 8 berhasil jalankan perintah “dmesg”, apabila muncul text “generic converter now attached to ttyUSB0” berarti seluruh proses pengenalan modem oleh linux mint telah selesai.

Setelah modem  dikenali oleh linux mint, langkah selanjutnya adalah menginstall program untuk mengkoneksikan modem dengan jaringan internet. Apabila menggunakan modem HSDPA seperti huawei e220, program dialer telah tersedia oleh linux mint tetapi untuk modem Haier CE 100 kita harus menggunakan program tambahan seperti wvdial.
Pada Linux Mint Gloria atau Ubuntu Jaunty (versi 9.04) program wvdial sudah tidak disertakan langsung pada cd instalasi sehingga kita harus menginstallnya lewat synaptic (cari paket bernama wvdial) atau secara command line dengan menjalankan perintah “sudo apt-get install wvdial”.
Setelah wvdial terinstall yang perlu dilakukan adalah menuliskan konfigurasi pada “/etc/wvdial.conf”. File konfigurasi dapat di edit menggunakan teks editor biasa seperti gedit atau yang lain. Atau untuk lebih mudah jalankan perintah “sudo gedit /etc/wvdial.conf”.
Tambahkan konfigurasi pada file “wvdial.conf” seperti dibawah ini.

[Dialer smart]
Auto DNS = on
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = yes
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = ‘smart’
Password = ‘smart’
Baud = 460800
Dial Command = ATDT
FlowControl = CRTSCTS
Ask Password = 0
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Idle Seconds = 300

Sekarang jalankan perintah “sudo wvdial smart” untuk memulai koneksi ke internet. SEMOGA BERHASIL

  1. bagus euy, eh sorry ngikut thread comment posting ini utk kenalan dulu,
    saya Agus Suhanto…🙂

  2. sudah ikuti petunjuk, tapi tetap gak jalan…….gak berhasil total…….

  3. @Puti irra
    Ehm…
    Bisa tau error yang muncul apa ?

  4. ini sudah diganti dari ubuntu ke xp….. soal rumit (maklum saya pemula, nih) deh….apalagi modem evdo sy tak dibaca….:((
    thanks….

    • randy
    • November 12th, 2009

    udah coba sampe langkah ke 8 tp malah muncul tulisan
    “FATAL: module usbserial not found”
    salah di mana y?

    thanks

  5. coba dulu dah

    • hendra
    • November 25th, 2009

    sama. keluhanku = randy, yaitu FATAL: module usbserial not found. semua udah aku lakukan sesuwai prosedur KECUALI upgrade kernelnya. aku gak tau caranya upgrade kernel, mungkin itu masalahnya. mohon pencerahannya untuk upgrade kernel. aku pake SuperOS ubuntu 9.04, kernel versi 2.6.28.11-generic. karena sekarang blm bisa konek pake ubuntu mohon penjelasannya gimana cara donlod kernelnya (jangan via ubuntu), trus file donlotannya harus kuapain di ubuntu. TRIMS.

  6. @Randi n Hendra
    Maaf lama balas

    Nah.. coba baca baik-baik langkah pertama. Memang kalau kernel tidak di upgrade maka modul usbserial tidak terpasang.
    Kernel bawaan ubuntu 9.04 memiliki bug untuk modul usbserial.

    Kalau tidak mau repot untuk upgrade kernel, coba install ubuntu versi yang lebih baru. sudah rilis ubuntu versi 9.10. Sekarang saya itu dan modul usbserial jalan dengan baik di kernel bawaan ubuntu 9.10

    Silahkan dicoba

  7. thank bro info nya ntar ane coba dulu ah…

    tapi ni mo donlot mint yg helena dulu, mumpung yg 8 dah keluar..😀

  8. mas.. kok “sudo wvdial smart” untuk memulai koneksi kok g bisa ya?

  9. bisa langsung detect gak bro?? apa harus dipancing dulu ke windows kyk yg versi hape??

    • tiftazani
    • Februari 18th, 2010

    Mas, saya coba dengan linux mint 8 helena kok gak bisa ya? Pas di bagian 8, muncul FATAL error..

  10. @ tiftazani
    saya juga menggunakan linux Mint Helena dan sudah berhasil online di Linux pake Modem ce100. Coba link dibawah ini :
    http://cevarief.wordpress.com/2010/01/12/cara-koneksi-modem-smart-di-linux/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: